DAMPAK BODY SHAMING PADA CITRA DIRI REMAJA PEREMPUAN

Dampak Body Shaming  Pada Citra Diri Remaja perempuan ( bekti pratama.sikom)

 

Kecantikan Pada Definisi Kekinian Selalu Digambarkan Dengan Bentuk Fisik Yang Menarik Dan Ideal. Anggapan Ini Tidak Hanya Bagi  Perempuan   Namun   Juga   Pada   Laki-Laki.   Akan   Tetapi   Seiring   Berjalannya   Perkembangan   Teknologi   Dan   Globalisasi Ikut  Dalam   Membentuk   Standar-Standar   Yang   Mengerucut   Dan   Dianggap   Cantik   Oleh   Masyarakat . Setiap Negara Memiliki Pandangan Yang Berbeda-Beda Pada Standar Kecantikan. Standar Kecantikan Di Indonesia Yang   Berkembang   Meliputi   Bentuk   Fisik   Yang   Ideal   Dan   Adanya   Keserasian   Antara   Berat   Badan   Dan   Tinggi   Badan   Yang Mana Digambarkan Dengan Bentuk Tubuh Yang Cenderung Kurus, Berlekuk, Kuat, Dan Sehat Sedangkan Laki-Laki Memiliki Bentuk   Tubuh Yang Berotot,   Ramping,   Dan   Sehat .

 

Standar kecantikan wanita Jepang adalah memiliki gigi gingsul. gigi gingsul atau taring yang mencuat keluar saat tersenyum merupakan gambaran wanita yang polos dan imut. Orang Jepang percaya bahwa gigi gingsul adalah simbol kecantikan alami dan masa muda. Tandar kecantikan negara  M yanmar. Bagi orang Kayan yang tinggal di Myanmar, leher panjang dianggap sebagai simbol kesejahteraan dan kecantikan. Itulah sebabnya gadis-gadis lokal memakai kalung kuningan di leher mereka sejak usia 5 tahun. Gadis Myanmar memasangkan 6 cincin di leher mereka dan kemudian bertambah satu setiap tahun. Gadis Myanmar akan berhenti menambahkannya setelah menikah. Berebedanya standar kecantikan dari setiap individu memiliki dampak yang baik maupun buruk setiap individu dilahirkan dengan kondisi bentuk fisik dan tubuh yang berbeda-beda.sehingga muncul istilah body shamming

 

Body shaming adalah perilaku menjelek-jelekkan dan mengomentari penampilan fisik orang lain. perilaku ini sama saja dengan tindakan bullying. Alasan orang yang melakukan body shaming beragam, mulai dari ingin mencairkan suasana, menyalakan gelak tawa, iseng belaka, hingga memang ingin menghina. Meski acap kali diutarakan sebagai bentuk perhatian Tidak heran, kata-kata seperti ini lebih sering membuat penerimanya sakit hati daripada merasa diperhatikan.

penelitian   menunjukkan   bahwa   korban   yang   mengalami body   shaming merasa   kurang   percaya   diri, terkadang perlakuan itu membuat mereka suka membandingkan dirinya dengan orangnya, adanya perasaan malu, stress dan tertekan. bahwa adanya hubungan antara body shaming pada self confidence remaja yang dari adanya dampak body shaming yang didapatkan oleh korban dapat berpengaruh   pada   kondisi   mental   akibat   adanya komentar buruk seputar bentuk fisik dan tubuh korban yang akhirnya   memicu   rasa   percaya   diri   korban yaang   terganggu.   Selain   itu body   shaming menimbulkan   dampak bagi korban   terhadap   rasa   percaya   diri   yang   rendah,   merasa   tidak   aman,   malu, hingga berupaya untuk menjadi ideal

 

body shaming memberikan pengaruh pada citra   diri   remaja   baik   secara   negatif   maupun   positif.   Citra   diri ( self   image ) merupakan   suatu   penilaian  terhadap   diri sendiri   dengan   memberikan   nilai   yang   berarti   bagi   dirinya   sendiri Citra   diri   dinyatakan   sebagai   suatu gambaran   atau   pandangan   yang   dimiliki   seseorang   terhadap   dirinya   sendiri   yang   dapat   berpengaruh  pada   pola   pikir, pola tingkah laku, serta hubungan antar individu dalam sehari-hari. Selain itu citra diri dapat dikatakan sebagai sikap individu yang baik mendukung atau diri sebagaimana dirinya memandang tubuhnya sendiri yang meliputi ukuran, bentuk,   penampilan,   potensi,   serta   persepsi perasaan.

Citra   diri positif   dan citra diri negatif. Citra diri positif   yang dialami korban body shaming dapat dilihat dengan menjadi perlakuan body shaming tersebut sebagai motivasi untuk belajar menerima atas kekurangan atas bentuk tubuh   dan   penampilan   fisik   dan   sikap   selalu   bersyukur   atas   keadaan   dirinya.   Sementara   pada   citra  diri   negatif, body   shaming menjadikan   korban   merasakan   perasaan   tidak   percaya   diri. atas   bentuk   fisik   dan  penampilan dirinya, membuat ia merasa takut,dan khawatir dalam mengekspresikan dirinya.

 

 

Write a comment

Comments: 0

Contact Us



Witama Tanjung Datuk (SD - SMP - SMA)

Jl. Tanjung Datuk No. 339

Telp & WhatsApp: 082388233377

 

Witama Kampar (PG - TK)

Jl. Kampar (Simpang Kuantan VII) No. 189 

Telp & WhatsApp: 082300000889

 

Witama Srikandi (PG-TK-SD-SMP-SMA)

Jl. Srikandi No. 108

Telp & WhatsApp: 082383121333


Facebook: Witama School

Instagram: sekolahwitama

Youtube: Witama School Official


Accreditation

Partnership