Pelajar SMA Witama dalam Profil Pelajar Pancasila Oleh: Sri Pudjiastuti, S.Pd., M.Pd.

Pelajar SMA Witama dalam Profil Pelajar Pancasila

Oleh: Sri Pudjiastuti, S.Pd., M.Pd.

 

Saat ini pemerintah sedang terus menggaungkan dan menggalakkan Profil Pelajar Pancasila dalam setiap karakter putra-putri Indonesia. Hal ini tentunya didasarkan dari kesadaran bahwa pembinaan karakter memang merupakan salah satu hal penting yang nantinya bisa menyeimbangkan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan oleh para peserta didik. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni serta didukung oleh karakter yang baik dan unggul, putra-putri Indonesia diharapkan mampu membawa bangsa Indonesia kembali ke zaman keemasannya.

Pembinaan karakter ini juga menjadi salah satu prioritas utama dari sistem pembelajaran di SMA Witama Nasional Plus. Dengan Akreditasi berkategori Unggul (akreditasi A) dan program internasional (Bahasa Inggris dan Mandarin), SMA Witama terus berusaha menyajikan pembelajaran yang dikemas dalam kegiatan yang mendukung pembentukan karakter unggul para peserta didiknya.

Dalam profil pelajar Pancasila sendiri, kita mengenal 6 dimensi yang membangun para peserta didik hingga dia mampu menjadi pelajar yang kompeten dengan tetap memiliki karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Dimensi pertama adalah beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia. SMA Witama juga menyadari pentingnya hal ini, dan oleh karena itu SMA Witama selalu mendukung setiap kegiatan keagamaan yang diadakan demi mempertebal keimanan beragama para peserta didiknya. Kegiatan Religion Club (RC) untuk semua agama juga rutin diadakan setiap hari Jumat sesuai agama peserta didik masing-masing. Pada saat peserta didik muslim putra menjalankan ibada sholat Jumat, peserta didik muslim putri dan yang beragama non-muslim, bergabung dengan pendampingan dari guru dan mendapatkan penguatan dalam kegiatan beragama. Diaharapkan dengan kegiatan ini, peserta didik memiliki kebiasaan baik untuk tetap mengingat dan mengutamakan beribadah selain kegiatan belajar yang dilakukannya.

Dimensi kedua adalah mandiri. Dalam dimensi ini peserta didik SMA Witama didampingi untuk terus mampu memahami kemampuan dirinya hingga mereka mampu melakukan pengembangan diri dan prestasi secara optimal dalam setiap kegiatan pembelajaran yang dilakukannya. Selain itu, SMA Witama selalu membuka kesempatan bagi peserta didiknya untuk selalu ikut andil dalam kegiatan internal dan eksternal sekolah di luar pembejaran di kelas.

Dimensi ketiga adalah bergotong royong. Gotong royong merupakan salah satu hal yang menonjol dari aktifitas yang dilakukan oleh peserta didik SMA Witama. Pembiasaan berkolaborasi dan peduli di antara semua warga sekolah, menjadikan peserta didik SMA Witama terbiasa untuk saling perduli, saling mendukung dan menyemangati serta saling berkolaborasi dalam setiap kegiatan. Selain pembiasaan pembuatan proyek pembelajaran dan diskusi kelas, peserta didik SMA Witama juga terus mengasah kemandiriannya dengan aktif mengikuti kegiatan sosial melalui wadah OSIS, Pramuka dan LEO (Leadership Experience Opportunity) serta beberapa kegiatan internal dan eksternal sekolah lainnya.

 

Dimensi Keempat adalah berkebinekaan global. Dalam dimensi ini, peserta didik diharapkan memiliki budaya positif dalam menunjukkan identitasnya sebagai pelajar Indonesia. Selain itu, mereka juga dibimbing untuk memiliki kecerdasan emosional yang baik, yang menjadikan mereka mampu menjalin hubungan interpersonal dan interkultural baik dalam berkomunikasi maupun dalam berkegiatan. Di SMA Witama sendiri, melalui program internasionalnya, sekolah mempersiapkan peserta didik untuk mampu menghadapi dunia global tanpa menyisihkan karakter Nasional mereka.

Dimensi kelima dan keenam adalah benalar kritis dan kreatif. Melalui kedua dimensi ini peserta didik SMA Witama dibimbing dan didampingi untuk selalu mampu mendapatkan, mengolah dan kemudian memproses setiap informasi dan gagasan yang dimilikinya. Pembiasaan untuk menganalisa, merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya menjadikan peserta didik SMA Witama selalu mampu menampilkan diri dengan baik dan optimal di setiap kegiatan yang dilakukannya. Banyak prestasi akademik dan non-akademik yang didapatkan yang menjadikan mereka terus maju bersemangat untuk terus memberikan yang terbaik bagi diri mereka sendiri, orangtua dan sekolah mereka.

 

Pada dasarnya keenam dimensi dalam profil pelajar Pancasila di atas tidak bisa dipisahkan satu sama lain dan saling mendukung dalam pencapaian karakter unggul peserta didik, karena itu proses pembelajaran dan seluruh program kegiatan yang dilajksanakan di SMA Witama selalu dilaksanakan berpedoman pada keenam dimensi ini. Integrasi profil pelajar Pancasila dalam muatan pembelajaran menjadi salah satu kekuatan yang menjadikan setiap pembelajaran yang terlaksana di SMA Witama menjadi bermakna dan terus mendukung pengembangan karakter baik peserta didiknya. Dengan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang dikemas dalam konsep penumbuhan 6 dimensi profil pelajar Pancasila ini, diharapkan SMA Witama akan selalu menghasilkan dan meluluskan generasi-generasi bangsa yang siap menjadi tonggak kokoh dalam mengembangkan dan memajukan bangsa Indonesia.

 

 

Profil Penulis

 

Penulis yang bernama Sri Pudjiastuti, S.Pd., M.Pd. dan biasa dipanggil miss As ini berdomisili di Pekanbaru dan menjadi pengajar aktif di SMA Witama Nasional Plus dari tahun 2014 hingga sekarang. Penulis merupakan lulusan dari S1 FKIP Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Surakarta (2005) dan S2 di Pascasarjana Administrasi Pendidikan Universitas Riau (2017) serta pernah diamanahi sebagai Kepala Sekolah hingga Koordinator Bahasa Inggris di tempatnya mengabdi. Penulis yang pernah menjadi Juara I Guru Berprestasi Tingkat Provinsi Tahun 2021 ini, saat ini sedang aktif berbagi dengan menjadi Pengajar Praktik di Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 (2022) dan menjadi Narasumber di beberapa pelatihan daring di komunitas guru Nasional. Saat ini penulis masih terus berusaha mengembangkan diri dan terus berbagi di dunia Pendidikan, baginya prinsip “Never Stop Learning because Life Never Stops Teaching” membuatnya terus mau belajar agar mampu memberikan yang terbaik bagi generasi bangsa.

 

Write a comment

Comments: 0

Contact Us



Witama Tanjung Datuk (SD - SMP - SMA)

Jl. Tanjung Datuk No. 339

Telp & WhatsApp: 082388233377

 

Witama Kampar (PG - TK)

Jl. Kampar (Simpang Kuantan VII) No. 189 

Telp & WhatsApp: 082300000889

 

Witama Srikandi (PG-TK-SD-SMP-SMA)

Jl. Srikandi No. 108

Telp & WhatsApp: 082383121333


Facebook: Witama School

Instagram: sekolahwitama

Youtube: Witama School Official


Accreditation

Partnership