Penguatan Kompetensi sosial emosional (KSE) dalam Program Sekolah Witama

Penguatan Kompetensi sosial emosional (KSE) dalam Program Sekolah Witama Oleh: Sri Pudjiastuti, S.Pd., M.Pd.

 

Dunia pendidikan sering dikatakan sebagai dunia yang sangat kompleks dimana di dalamnya terdapat usaha-usaha dari praktisinya untuk menjadikan peserta didik mampu mengembangkan potensi dirinya. Dan seperti yang kita ketahui, potensi yang dimiliki oleh peserta didik sangatlah beraneka ragam. Keanekaragaman itulah yang kemudian menjadi fokus utama bagi para pendidik dan pengajar dalam mengoptimalkan hal-hal positif yang dimiliki oleh peserta didiknya. Kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, keterampilan merupakan beberapa hal yang menjadikan peserta didik nantinya mampu menjadi manusia yang bermanfaat bagi masyarakat. Oleh karena itu para pengajar dan pendidik selalu berusaha menyeimbangkan semua hal-hal positif yang ada pada peserta didik agar nantinya mereka benar-benar mampu menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat bagi kebaikan lingkungannya. Sehubungan dengan penguatan dan pengembangan karakter, saat ini pemerintah sedang gencar mengenalkan konsep Kompetensi Sosial Emosional atau KSE melalui Program Guru Penggerak (PGP). Kompetensi Sosial Emosional (KSE) ini bisa kita artikan sebagai kemampuan individu untuk memahami dan mengelola emosi, mengembangkan hubungan yang positif dengan orang lain, serta mengambil keputusan yang tepat dan bertanggung jawab dalam berbagai situasi sosial.

Dalam KSE sendiri ada 5 unsur di dalamnya yang perlu dipahami khususnya oleh para pendidik, yakni antara lain: kesadaran diri, pengelolaan diri (manajemen diri), kesadaran diri, keterampilan sosial, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

Saat ini melalui PGP ini, pemerintah berusaha untuk membekali para pendidik untuk memiliki kemampuan dan keahlian dalam merancang pembelajaran dimana di dalamnya ada beberapa aktifitas yang mendukung pembentukan dan atau peningkatan KSE peserta didik.

Dalam artikel ini, penulis ingin mencoba melihat penguatan atau peningkatan KSE dari sudut pandang lain atau dari sudut pandang di luar kegiatan pembelajaran. Saat pemerintah gencar menyadarkan pendidik akan pentingnya memasukkan unsur KSE dalam pembelajaran, jangan sampai kita melupakan bahwa KSE juga bisa ditingkatkan dari kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh sekolah.

Di Sekolah Witama sendiri, peningkatan karakter positif peserta didik selalu menjadi salah satu fokus dari pelaksanaan program-program sekolah. Saat ini penulis akan memberi sedikit gambaran mengenai 2 program tahunan Sekolah Witama yang menunjukkan proses pendukungan yang sangat jelas terhadap usaha pengembangan atau penguatan KSE peserta didik. Kedua program tersebut adalah Talent Scout dan Road to Entrepreneurship (RTE). Di tahun ajaran 2022/2023 ini Talent Scout sudah diadakan pada bulan Februari 2023 yang lalu dan Road to Entrepreneurship (RTE) akan diadakan di awal bulan Mei 2023 nantinya.

Kedua kegiatan tahunan sekolah tersebut diadakan dari jenjang PGTK sampai dengan SMA yang dilaksanakan di 3 lokasi, yakni di Sekolah Witama jalan Tanjung Datuk, jalan Kampar dan jalan Srikandi. KSE dalam program Talent Scout Witama

Di program Talent Scout, masing-masing peserta didik diberi keleluasaan untuk menampilkan talent atau bakat yang dimilikinya. Saat pemberitahuan mengenai kegiatan ini mulai diberitahukan kepada peserta didik, mereka kemudian dengan aktif melakukan persiapan. Persiapan yang tentunya dilakukan di rentang waktu pembelajaran efektif menjadikan peserta didik belajar bagaimana mengelola waktu dengan baik dan mengetahui batasan kemampuan mereka sendiri. Ada kalanya mereka berlatih di luar jam sekolah atau bahkan disela-sela waktu istirahat mereka. Dengan pendampingan dari wali kelas dan atau guru dance (seni tari) atau guru musik, peserta didik melakukan persiapan dengan tidak menomorduakan aktivitas belajar mereka. Andaipun ada beberapa jam pelajaran yang mereka ambil untuk berlatih, para pendamping memastikan bahwa peserta didik mendapatkan izin berlatih dari guru bidang studi yang mana akan selalu kooperatif dan mendukung program sekolah ini dengan memberikan bantuan pendampingan pembelajaran sesuai yang dibutuhkan sang peserta didik. Kegiatan Talent Scout ini dilakukan secara individu dan juga secara berkelompok. Keterampilan sosial peserta didik dalam berinteraksi dan berkomunikasi baik dengan wali kelas, guru bidang studi atau pun di antara peserta didik itu sendiri terasah dengan sangat baik. Program Talent Scout ini pun terus dipertahankan untuk terus dilaksanakan satu kali dalam setahun mengingat program ini memang mendatangkan banyak sekali manfaat bagi peserta didik.

KSE dalam program Road to Entrepreneurship Witama Program Road to Entrepreneurship atau yang lebih sering disebut dengan RTE ini, merupakan program sekolah Witama dimana bertujuan untuk mempertajam instuisi bisnis peserta didik. Di dalam kegiatan ini peserta didik belajar untuk bertanggung jawab dalam kelompok dan mengkomunikasikan bisnis yang akan mereka jalani dengan rekan satu tim mereka. Dalam proses yang dilalui peserta didik saat menjalankan program ini, penguatan KSE yang tentunya akan mematangkan karakter positif peserta didik terus dikembangkan. Dari awal pemilihan anggota tim kerja, pembuatan proposal, komunikasi antara guru pendamping dengan peserta didik dan antar peserta didik itu sendiri, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan proses RTE yang menjadikan peserta didik praktik langsung dalam promosi, penjualan dan penghitungan hasil usaha menjadikan peserta didik memiliki pengalaman yang sangat berharga, khususnya dalam menjalankan sebuah bisnis secara sederhana dan dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain. RTE membungkus kegiatan penunjang KSE dengan sangat baik dan oleh karena itu program ini bisa dipastikan menjadi salah satu program tahunan Sekolah Witama yang mendukung kematangan karakter peserta didik khususnya dalam hal bisnis atau usaha mandiri.

Selain kedua program tahunan di atas, Sekolah Witama memiliki banyak program unggulan yang tentunya mengedepankan misi pematangan, penguatan dan pengembangan kompetensi dan kualitas peserta didik. Sekolah Witama selalu siap untuk mendukung program-program pendidikan yang dicanangkan oleh pemerintah demi mewujudkan terbentuknya generasi-generasi muda bangsa yang cerdas dan berkarakter unggul. Usaha pengembangan karakter dan penguatan Kompetensi Sosial Emosional (KSE) akan selalu menjadi langkah awal yang sempurna dalam meraih visi pendidikan Indonesia, dan Sekolah Witama akan selalu siap menjadi salah satu pendukung kesuksesan dari program pengembangan dan penguatan pendidikan Indonesia.

Contact Us



Witama Tanjung Datuk (SD - SMP - SMA)

Jl. Tanjung Datuk No. 339

Telp & WhatsApp: 082388233377

 

Witama Kampar (PG - TK)

Jl. Kampar (Simpang Kuantan VII) No. 189 

Telp & WhatsApp: 082300000889

 

Witama Srikandi (PG-TK-SD-SMP-SMA)

Jl. Srikandi No. 108

Telp & WhatsApp: 082383121333


Facebook: Witama School

Instagram: sekolahwitama

Youtube: Witama School Official


Accreditation

Partnership