PENTINGKAH KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH ? (Oleh Mr. BEKTI PRATAMA S.Ikom

PENTINGKAH KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH ? (Oleh mR. BEKTI PRATAMA S.Ikom

 

Sebagai makhluk sosial komunikasi adalah hal yang paling penting sebagai penunjang dalam terjalinnya hubungan interaksi sosial yang baik Adanya interaksi  dalam kehidupan sosial menunjukkan bahwa manusia telah pulih untuk hidup bergaul dengan sesamanya. Naluri ini merupakan salah satu yang paling mendasar dalam kebutuhan hidup manusia, disamping kebutuhan akan kasih sayang dan kebutuhan akan pengawasan. Sebagai makhluk sosial, manusia selalu ingin berhubungan dengan manusia lainnya, bahkan ingin mengetahui lingkungan sekitarnya. Rasa ingin tahu ini memaksa manusia untuk berkomunikasi dengan orang lain. Demikian pula bagi anak didik, baik ketika melaksanakan   proses belajar mengajar di dalam kelas maupun melakukan kegiatan belajar di luar lingkungan sekolah, perlu adanya kemampuan komunikasi. Kemampuan komunikasi yang dibutuhkan selain komunikasi secara   publik   juga   kemampuan berkomunikasi secara interpersonal .

 

Komunikasi Interpersonal sering juga disebut sebagai komunikasi   “INTER -PERSONAL” dan   komunikasi “ANTARPRIBADI”, Dalam bukunya yang berjudul Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (2010), Deddy Mulyana  menuliskan bahwa komunikasi antarpribadi adalah komunikasi antar manusia secara  tatap  muka, yang memungkinkan  pesertanya  menangkap  reaksi orang lain dengan langsung, baik secara verbal maupun nonverbal. Dalam artian   lain   Dalam  komunikasi  interpersonal,  umpan balik atau umpan balik sangat mungkin terjadi. Karena jenis komunikasi ini  memungkinkan  komunikator dan komunikan saling mengirimkan pesan serta menerima  pesan  secara  bergantian. Menjalin komunikasi akan menjadikan adanya   kedekatan, rasa empati, dan pengetahuan baru serta peningkatan kedekatan secara emosional.

 

Komunikasi interpersonal  bagi  diri  seorang  siswa. Ialah komunikasi yang sangat penting untuk membina sebuah hubungan dengan orang lain termasuk dalam melaksanakan aktivitas belajar, sebab tanpa komunikasi hubungan yang akrab tidak dapat terjalin. komunikasi interpersonal membantu dalam meberikan pesan/informasi dari seseorang kepada orang lain beruapa ide, fakta, pemikiran serata perasaan. Oleh karena itu, komuniaksi interpersonal merupakan jembatan bagi setiap individu, di masa mereka dapat berbagi rasa, pengetahuan serta hubungan antara sesama individu pada lingkungan sekolah.

 

Komunikasi interpersonal selalu menimbulkan saling pengertian atau saling mempengaruhi antara  seseorang dengan orang lain sehingga meunculnya sebuah motivasi yang dapat mendukung seorang siswa dalam   berkomunikasi secara aktif   kuranganya komunikasi interpersonal akan berakibat Ada beberapa osiswa yang kurang memiliki  kemampuan komunikasi   yang baik. Yang menimbulkan dampak siswa yang malu-malu, kurang terbuka saat ajak berkomunikasi, dan kurang konsentrasi saat ajak berkomunikasi (berbicara), sering berdiam diri, mengasingkan diri dari kelompok pertemanan.  Kurangnya kemampuan komunikasi interpersonal juga dapat mengakibatkan siswa kurang efektif atau kurang efektif dalam melakukan aktivitas belajar seperti  mengajukan   pertanyaan  pertanyaan  dan  tampak  sulit   melakukan  hubungan  sosial dengan  sesama   siswa  lainnya.

 

Untuk memperoleh prestasi belajar yang maksimal, tidak hanya ditentukan oleh aktivitas pembelajaran dan kecerdasan otak semata, akan tetapi dipengaruhi oleh faktor internal siswa itu sendiri, yaitu motivasi yang menyertainya Prestasi belajar siswa akan terwujud apabila siswa dapat berkomunikasi secara baik dan tepat dengan guru serta lingkungan   sekolah   .

 

Disamping  itu, prestasi  belajar juga akan dipengaruhi oleh faktor motivasi  siswa. Dengan demikian dapat ditarik suatu pemahaman bahwa diasumsikan semakin tinggi komunikasi interpersonal siswa dengan guru dan lingkungan sekolah maka prestasi  belajar siswa akan semakin tinggi. Disamping itu, juga akan dipengaruhi oleh faktor internal siswa itu  sendiri, yaitu  motivasi. Tanpa motivasi, siswa  tidak dapat belajar  dengan baik. Motivasi dapat memberikan semangat atau dorongan kepada  siswa dan juga dapat memberikan arah dalam belajar

 

Write a comment

Comments: 0

Contact Us



Witama Tanjung Datuk (SD - SMP - SMA)

Jl. Tanjung Datuk No. 339

Telp & WhatsApp: 082388233377

 

Witama Kampar (PG - TK)

Jl. Kampar (Simpang Kuantan VII) No. 189 

Telp & WhatsApp: 082300000889

 

Witama Srikandi (PG-TK-SD-SMP-SMA)

Jl. Srikandi No. 108

Telp & WhatsApp: 082383121333


Facebook: Witama School

Instagram: sekolahwitama

Youtube: Witama School Official


Accreditation

Partnership